Jumat, 15 Maret 2013

CONTOH RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran          : Biologi
Kelas / Semester        : XI (Sebelas)/ 2
Pertemuan                 : 1, 2, dan 3
Alokasi Waktu           : 5 jam pelajaran
Standar Kompetensi : 3.   Menjelaskan struktur dan fungsi organ manusia dan hewan tertentu, kelainan/penyakit yang mungkin terjadi serta implikasinya pada Salingtemas
Kompetensi Dasar    : 3.3 Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta kelainan penyakit yang dapat terjadi pada sistem pencernaan makanan pada manusia dan hewan (misalnya ruminansia)
Tujuan                       :  Siswa dapat mendeskripsikan struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang terjadi pada sistem pencernaan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
  Karakter siswa yang diharapkan  : 
§  Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.
  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§  Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil.
  
I.    Indikator Pencapaian Kompetensi
·         Menentukan kandungan gizi yang terdapat dalam bahan makanan dengan menggunakan uji makanan sederhana
·         Mengidentifikasi zat-zat yang terdapat dalam bahan makanan dan fungsinya bagi tubuh.
·         Menghubungkan  struktur dan  fungsi organ-organ dalam sistem pencernaan makanan manusia
·         Menjelaskan proses pencernaan makanan yang terjadi pada organ-organ sistem pencernaan makanan manusia.
·         Menjelaskan proses pencernaan makanan pada hewan ruminansia dengan menggunakan gambar
·         Menghubungkan antara struktur dan fungsi sistem pencernaan pada hewan vertebrata

II. Materi Ajar
o   Zat gizi dan fungsinya bagi manusia
o   Cara menguji kandungan zat gizi yang terdapat dalam bahan makanan
o   Organ-organ pada sistem pencernaan makanan manusia meliputi:
1.   Saluran pencernaan: mulut, kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar
2.   Kelenjar pencernaan: lambung, hati, pankreas, kelenjar usus
·         Proses pencernaan yang terjadi dalam sistem pencernaan makanan manusia
·         Sistem pencernaan pada hewan vertebrata terutama sistem pencernaan hewan ruminansia (memamah biak)
·         Berbagai gangguan atau penyakit yang terjadi dalam sistem pencernaan makanan manusia

III. Metode Pembelajaran
·         Diskusi-Pengamatan-Penugasan

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·     Praktek menguji makanan
·     Praktek tentang enzim dan kerja enzim
·     Mengidentifikasi sistem pencernaan makanan manusia
·     Mengamati sistem pencernaan makanan pada hewan vertebrata
·     Membuat peta konsep sistem pencernaan makanan  manusia
·     Melakukan pengujian kandungan gizi pada bahan makanan
·     Mengidentifikasi komponen yang terlibat dalam sistem pencernaan makanan manusia.
·     Menggambar struktur sistem pencernaan makanan hewan vertebrata
·     Membandingkan struktur sistem pencernaan makanan  pada berbagai hewan vertebrata
·     Siswa dapat Menentukan kandungan gizi yang terdapat dalam bahan makanan dengan menggunakan uji makanan sederhana
·     Siswa dapat Mengidentifikasi zat-zat yang terdapat dalam bahan makanan dan fungsinya bagi tubuh
·     Siswa dapat Menghubungkan  struktur dan  fungsi organ-organ dalam sistem pencernaan makanan manusia.
·     Siswa dapat Menjelaskan proses pencernaan makanan yang terjadi pada organ-organ sistem pencernaan makanan manusia.
·     Siswa dapat Menjelaskan proses pencernaan makanan pada hewan ruminansia dengan menggunakan gambar.
·     Siswa dapat Menghubungkan antara struktur dan fungsi sistem pencernaan pada hewan vertebrata


IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 1 (2 jam pelajaran)
A.  Kegiatan awal (10 menit)
·         Guru meminta siswa mengidentifikasi zat-zat (gizi) yang terdapat dalam bahan makanan yang biasa dimakan siswa.
·         Siswa mengidentifikasi beberapa zat (gizi) yang terdapat dalam bahan makanan.
·         Guru menjelaskan bahwa bahan makanan dapat diuji kandungan zat gizinya dengan Kegiatan 6.1. Tes bahan makanan.
·         Guru meminta siswa menyiapkan alat dan bahan untuk pengujian bahan makanan.
B.  Kegiatan inti (70 menit)
Eksplorasi
·     Siswa dapat Menjelaskan proses pencernaan makanan pada hewan ruminansia dengan menggunakan gambar.
Siswa dapat Menghubungkan antara struktur dan fungsi sistem pencernaan pada hewan vertebrata Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·         Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
·         Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);

C.  Kegiatan akhir (10 menit)
·        Siswa bersama guru menyimpulkan prinsip pengujian makanan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·        Siswa mengumpulkan laporan hasil praktek. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

Pertemuan 2 (2 jam pelajaran)
A.  Kegiatan awal (10 menit)
·         Guru meminta siswa mempersiapkan praktek Kegiatan 6.3.
·         Siswa mengambil alat dan bahan praktikum.
B.  Kegiatan inti (70 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·         Siswa melaksanakan Kegiatan 6.3 dan mengamati hasilnya. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·         Siswa bersama guru mendiskusikan hasil pengamatan dan kesimpulan dengan menjawab pertanyaan untuk diskusi. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Dengan diberikan gambar sistem pencernaan manusia siswa diminta mengidentifikasi organ-organ pada sistem pencernaan makanan manusia dan proses pencernaan yang terjadi. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·         Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
·         Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
C.  Kegiatan akhir (10 menit)
·         Siswa bersama guru menyimpulkan proses pecernaan yang terjadi dalam sistem pencernaan makanan manusia. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Siswa mengumpulkan laporan hasil pengamatan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

Pertemuan 3 (1 jam pelajaran)
A.  Kegiatan awal (5 menit)
·         Guru meminta siswa membaca buku teks dan mengumpulkan informasi tentang sistem pencernaan makanan pada hewan vertebrata dan menyusunnya menjadi tabel perbandingan.
B.  Kegiatan inti (35 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·         Siswa membaca buku teks, kemudian menyusun tabel perbandingan sistem pencernaan pada hewan vertebrata. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·         Siswa bersama guru mendiskusikan hasil perbandingan sistem pencernaan makanan pada hewan vertebrata. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Dengan diberikan gambar sistem pencernaan hewan ruminansia, siswa diminta mendeskripsikan proses pencernaan pada hewan ruminansia. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Siswa bersama guru mendiskusikan berbagai gangguan atau penyakit pada sistem pencernaan manusia. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·         Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
·         Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
C.  Kegiatan akhir (5 menit)
·         Siswa bersama guru menyimpulkan perbandingan sistem pencernaan makanan pada hewan vertebrata dan proses pencernaan pada hewan ruminansia. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Siswa bersama guru menyimpulkan berbagai gangguan pada sistem pencernaan makanan manusia. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

IV. Alat/Bahan/Sumber
·         Buku Kerja Biologi 2A, Ign. Khristiyono Ps , Esis
·         Buku Biologi jilid XI, Dyah Aryulina dkk, Esis, Bab VI
·         Beberapa bahan makanan
·         Tabung reaksi
·         Rak tabung reaksi
·         Pembakar spiritus
·         Regen biuret, iod, dan benedict

V.  Penilaian
            ·    Laporan hasil praktik uji makanan
            ·    Laporan hasil praktik enzim dan kerja enzim
            ·    Uji kompetensi tertulis


                                                                                                                                                                                                2011
Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                       Guru Mata Pelajaran



                                                           
NIP                                                                                         NIP.








RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran          : Biologi
Kelas / Semester        : XI (Sebelas)/ 2
Pertemuan                 : 4, 5, dan 6
Alokasi Waktu           : 5 jam pelajaran
Standar Kompetensi : 3.   Menjelaskan struktur dan fungsi organ manusia  dan hewan tertentu, kelainan/penyakit yang mungkin terjadi serta implikasinya pada Salingtemas
Kompetensi Dasar    :3.4 Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi,  dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem pernapasan pada manusia dan hewan (misalnya burung)
Tujuan                       :        Siswa dapat mendeskripsikan struktur, fungsi, dan proses serta   kalainan/penyakit yang terjadi pada sistem pernapasan. (nilai        yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu,            Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli           lingkungan);
  Karakter siswa yang diharapkan  : 
§  Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.
  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§  Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil.
             
I.                   Indikator Pencapaian Kompetensi
·         Mengidentifikasi struktur dan fungsi sistem pernapasan manusia
·         Menjelaskan proses  pernapasan yang terjadi pada  manusia
·         Membandingkan volume dan kapasitas paru-paru
·         Menjelaskan proses pertukaran gas 
·         Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber tentang gangguan/penyakit yang terdapat dalam sistem pernapasan manusia
·         Mengamati sistem pernapasan pada  hewan vertebrata
·         Menghubungkan antara struktur dan fungsi sistem pernapasan pada hewan vertebrata.

II.                Materi Ajar
·         Organ-organ dan fungsinya  pada sistem pernapasan manusia meliputi:
1.   Hidung
2.   Saluran pernapasan
3.   Paru-paru
·         Mekanisme  pernapasan yang terjadi dalam sistem pernapasan  manusia
·         Volume-volume udara yang dipernapaskan
·         Mekanisme pertukaran gas pada sistem pernapasan manusia
·         Sistem pernapasan  pada hewan vertebrata
·         Berbagai gangguan atau penyakit yang terjadi dalam sistem pernapasan  manusia.
III. Metode Pembelajaran
·         Studi membaca - Pengamatan -Diskusi - Penugasan

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·     Mengidentifikasi struktur dan fungsi pada sistem  pernapasan manusia
·     Mengukur volume udara pernapasan
·     Mengamati sistem respirasi ikan dan serangga
·     Membuat peta konsep sistem pernapasan manusia
·     Mengidentifikasi komponen yang terlibat dalam sistem pernapasan manusia.
·     Membedah hewan untuk diamati sistem pernapasan nya
·     Siswa dapat Mengidentifikasi dan fungsi sistem pernapasan manusia
·     Siswa dapat Menjelaskan proses  pernapasan yang terjadi pada  manusia
·     Siswa dapat Membandingkan volume dan kapasitas paru-paru
·     Siswa dapat Menjelaskan proses pertukaran gas

IV. Langkah -Langkah Pembelajaran
Pertemuan 4 (2 jam pelajaran)
A.  Kegiatan awal (10 menit)
·         Guru meminta seorang siswa memperagakan kegiatan bernapas kemudian mendeskripsikan pengertian bernapas.
B.  Kegiatan inti (70 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·         Dengan memberikan gambar sistem pernapasan manusia, siswa diminta mengidentifikasi organ-organ pada sistem pernapasan manusia dan fungsinya. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Guru meminta siswa memperagakan pernapasan dengan menggunakan dada, kemudian mendeskripsikan mekanisme pernapasan dada. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Guru meminta siswa lain memperagakan pernafasan perut kemudian mendeskripsikan mekanisme pernapasan perut. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Guru meminta siswa mengenali berbagai volume pernapasan dan kapasitas paru-paru, kemudian memintanya memperagakannya. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Guru memperagakan  mengukur kapasitas paru-paru dengan Kegiatan 7.1. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·         Siswa bersama guru mendiskusikan pertanyaan untuk diskusi. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·         Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
·         Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
C.  Kegiatan akhir (10 menit)
·         Siswa menyimpulkan struktur dan fungsi sistem pernapasan manusia, mekanisme pernapasan dada dan perut, dan volume/kapasitas paru-paru. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

Pertemuan  5 (2 jam pelajaran)
A.  Kegiatan awal (10 menit)
·         Guru menanyakan kembali proses pernapasan kepada siswa
·         Guru menanyakan penyebab dihasilkannnya CO2 padahal yang masuk O2
B.  Kegiatan inti (70 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·         Guru meminta siswa mempelajari mekanisme pertukaran oksigen dan karbon dioksida dari baku. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Guru meminta beberapa siswa untuk menjelaskan proses pertukaran gas. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·         Siswa bersama guru mendiskusikan berbagai penyakit/gangguan pada sistem pernapasan manusia. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·         Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
·         Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
C.  Kegiatan akhir
·         Siswa bersama guru mendiskusikan kesimpulan mekanisme pertukaran oksigen dan karbon dioksida dan beberapa gangguan/penyakit pada sistem pernapasan manusia. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

Pertemuan 6 (1 jam pelajaran)
A.  Kegiatan awal (5 menit)
·         Guru meminta siswa untuk mempersiapkan Kegiatan 7.4.
·         Siswa mempersiapkan alat dan bahan praktikum.
B.  Kegiatan inti (35 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·         Siswa membedah ikan untuk mendapatkan insangnya. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·         Siswa melakukan pengamatan insang, kemudian menggambarnya. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Siswa melakukan pembedahan kecoa untuk mendapatkan trakea kemudian menggambarnya. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Siswa membuat laporan hasil pengamatan dan menjawab pertanyaan untuk diskusi. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Guru meminta siswa membuat tabel perbandingan sistem pernapasan pada hewan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·         Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
·         Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
 C. Kegiatan akhir (5 menit)
·         Siswa bersama guru menyimpulkan sistem pernapasan pada hewan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Siswa mengumpulkan laporan hasil pengamatan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

V.    Alat /Bahan/Sumber
·         Buku Kerja Biologi 2B, Ign. Khristiyono, Esis
·         Buku Biologi , jilid XI, Dyah Aryulina, Esis, Bab VII
·         Ikan dan kecoa

VI.             Penilaian
·    Laporan hasil pengamatan sistem perapasan hewan
            ·    Uji kompetensi tertulis


                                                                                                                                                                                                2011
Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                       Guru Mata Pelajaran



                                                           
NIP                                                                                         NIP.







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran          : Biologi
Kelas / Semester        : XI (Sepuluh)/ II
Pertemuan                 : 7, 8, dan 9
Alokasi Waktu           : 6 jam pelajaran
Standar Kompetensi : 3.   Memahami hakekat Biologi sebagai ilmu Menjelaskan struktur dan fungsi organ manusia dan hewan tertentu , kelainan/penyakit yang mungkin terjadi serta implikasinya pada Salingtem
Kompetensi Dasar    : 3.5 Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem ekskresi pada manusia dan hewan (misalnya pada ikan dan serangga)
Tujuan                      :  Siswa dapat mendeskripsikan struktur, fungsi, dan proses serta     kelainan/penyakit yang terjadi pada sistem ekskresi. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu,    Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli       lingkungan);
  Karakter siswa yang diharapkan  : 
§  Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.
  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§  Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil.

I.                   Indikator Pencapaian Kompetensi
·         Membedakan pengertian ekskresi, sekresi, dan defekasi
·         Menggambar struktur ginjal dan menjelaskan proses pembentukan urine
·         Mengidentifikasi penyakit/gangguan pada alat ekskresi manusia
·         Mendeskripsikan struktur dan fungsi hati sebagai alat ekskresi
·         Mendeskripsikan struktur dan fungsi paru-paru sebagai alat ekskresi
·         Mendeskripsikan struktur dan fungsi kulit sebagai alat ekskresi
·         Menyimpulkan pengaturan fungsi osmoregulasi dalam tubuh manusia
·         Mengidentifikasi alat ekskresi pada hewan
·         Mengidentifikasi alat ekskresi serangga berdasarkan hasil pengamatan

II.                Materi Ajar
·         Pengertian ekskresi, sekresi dan defekasi
·         Organ-organ ekskresi pada manusia dan fungsinya antara lain:
1.      Ginjal                          3.   Kulit
2.      Paru-paru                     4.   Hati
·         Proses pembentukan urine 
·         Kelainan dan penyakit yang terjadi pada sistem ekskresi manusia
·         Sistem ekskresi hewan
III.             Metode Pembelajaran
·         Diskusi- Penugasan- Pengamatan

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·     Membuat peta konsep sistem ekskresi manusia
·     Mengidentifikasi komponen yang terlibat dalam sistem ekskresi  manusia
·     Menggambar struktur ginjal
·     Menjelaskan proses pembentukan urine
·     Membedah serangga untuk diamati struktur alat ekskresinya
·     Menggambar struktur alat ekskresi serangga berdasarkan hasil pengamatan
·     fungsi, dan gangguan (penyakit) pada ginjal sebagai alat ekskresi
·     Diskusi struktur dan fungsi paru-paru sebagai alat ekskresi
·     Diskusi struktur dan fungsi hati sebagai alat ekskresi
·     Diskusi struktur dan fungsi kulit sebagai alat ekskresi
·     Diskusi sistem ekskresi pada hewan
·     Praktikum pengamatan struktur alat ekskresi pada serangga
·     Siswa dapat Membedakan pengertian ekskresi, sekresi, dan defekasi
·     Siswa dapat Menggambar struktur nefron dan menjelaskan proses pembentukan urine
·     Siswa dapat Mengidentifikasi penyakit/gangguan pada ginjal sebagai alat ekskresi manusia
·     Siswa dapat Mendeskripsikan struktur dan fungsi hati sebagai alat ekskresi
·     Siswa dapat Mendeskripsikan struktur dan fungsi paru-paru sebagai alat ekskresi
·     Siswa dapat Mendeskripsikan struktur dan fungsi kulit sebagai alat ekskresi
·     Siswa dapat Menyimpulkan pengaturan fungsi osmoregulasi pada tubuh manusia
·     Siswa dapat Mengidentifikasi alat ekskresi pada hewan
·     Siswa dapat Mengidentifikasi alat ekskresi serangga berdasarkan hasil pengamatan


IV.             Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 7 (2 jam pelajaran)
A.    Kegiatan awal (20 menit)
·    Guru memberikan pertanyaan tentang pengertian ekskresi dan alat ekskresi pada manusia  kepada siswa untuk di cari jawabannya di dalam buku teks.
·    Siswa membaca buku teks, mencari jawaban, dan menuliskan jawabannya dalam buku catatan.
B.     Kegiatan inti (60 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·         Siswa bersama siswa mendiskusikan pengertian sistem ekskresi dan membandingkan dengan sistem pengeluaran yang lain, misalnya sekresi dan defekasi. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·         Siswa bersama guru mendiskusikan alat-alat ekskresi yang terdapat dalam tubuh manusia dan fungsinya. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Guru meminta siswa mendeskripsikan sifat urine yang biasa dikeluarkan oleh siswa. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Siswa bersama guru mendiskusikan struktur ginjal dan proses pembentukan urine yang terjadi di dalamya. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Siswa bersama guru mendiskusikan faktor-faktor yang mempengaruhi pembentukan urine. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·         Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
·         Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
C.     Kegiatan akhir (10 menit)
·         Guru meminta siswa mengidentikasi berbagai penyakit yang terjadi pada ginjal. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·    Guru menugaskan siswa untuk mengumpulkan informasi tentang cuci darah dengan menggunakan Kegiatan 8.1 dan mengumpulkannya pada pertemuan berikutnya. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

Pertemuan 8 (2 jam pelajaran)
A.    Kegiatan awal (10 menit)
·         Guru mengecek dan mengumpulkan Tugas 8.1 dari siswa.
·         Siswa bersama guru menyimpulkan pengertian, fungsi, dan proses cuci darah berdasarkan informasi yang sudah dikumpulkan.
B.     Kegiatan inti (70 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·         Siswa bersama guru mendiskusikan struktur dan fungsi paru-paru sebagai alat ekskresi. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·         Siswa bersama guru mendiskusikan struktur dan fungsi hati sebagai alat ekskresi. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Siswa bersama guru mendiskusikan struktur dan fungsi kulit sebagai alat ekskresi. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Guru menjelaskan pengaturan fungsi osmoregulasi pada tubuh manusia. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·         Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
·         Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
C.     Kegiatan akhir (10 menit)
·         Guru mengecek pemahaman siswa tentang sistem ekskresi manusia dengan memberikan pertanyaan umpan balik secara lisan kepada siswa. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Guru membentuk kelompok dan menugaskan setiap kelompok membawa belalang dan mempelajari Kegiatan 8.3. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

Pertemuan 9 (2 jam pelajaran)
A.    Kegiatan awal (10 menit)
·         Siswa menyiapkan alat dan bahan sesuai dengan Kegiatan 8.3.
B.     Kegiatan inti (70 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·         Siswa melakukan pembedahan belalang. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Siswa mengamati dan menggambar pembuluh malpighi pada belalang. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·         Siswa menyusun laporan hasil pengamatan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·         Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
·         Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
C.  Kegiatan akhir (10 menit)
·         Siswa mengumpulkan laporan hasil praktikum. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Guru mengecek pemahaman tentang alat ekskresi pada serangga dan hewan pada umumnya dengan memberikan pertanyaan umpan balik. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
V.                Alat/Bahan/Sumber
·         Buku Kerja Biologi 2B, Ign. Khristiyono, Esis
·         Buku Biologi SMA Jilid II, Dyah Aryulina , Esis, Bab VIII
·         Berbagai informasi tentang cuci darah dari berbagai sumber
·         Belalang
·         Alat bedah

VI.             Penilaian
·         Makalah tentang cuci darah
·         Laporan hasil pengamatan alat ekskresi serangga
·         Uji kompetensi tertulis




                                                                                                                                                                                                2011
Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                       Guru Mata Pelajaran



                                                           
NIP                                                                                         NIP.




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran          : Biologi
Kelas / Semester        : XI (Sepuluh)/ II
Pertemuan                 : 10, 11, 12, 13, 14
Alokasi Waktu           : 10 jam pelajaran
Standar Kompetensi : 3.   Memahami hakekat Biologi sebagai ilmu Menjelaskan struktur dan fungsi organ manusia dan hewan tertentu, kelainan/penyakit yang mungkin terjadi serta implikasinya pada Salingtemas
Kompetensi Dasar    : 3.6 Menjelaskan keterkaitan struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem regulasi manusia (saraf, endokrin, dan penginderaan)
Tujuan                       :        Siswa dapat mendeskripsikan struktur, fungsi, dan proses serta   kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem regulasi   manusia. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi,      Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung       Jawab, Peduli lingkungan);
  Karakter siswa yang diharapkan  : 
§  Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.
  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§  Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil.

I.                   Indikator Pencapaian Kompetensi
·         Mengidentifikasi stuktur dan fungsi neuron
·         Mengidentifikasi struktur, fungsi, dan proses pada sistem saraf manusia
·         Mengkaitkan sturktur, fungsi, dan proses sistem saraf manusia
·         Mengidentifikasi sistem saraf pada hewan
·         Mengidentifikasi stuktur, fungsi, dan proses pada sistem indra manusia
·         Mengkaitkan struktur, fungsi, dan proses sistem indera manusia
·         Mengidentifikasi stuktur, fungsi, dan proses sistem hormon manusia
·         Mengkaitkan struktur, fungsi, dan proses sistem hormon manusia
·         Menjelaskan mekanisme umpan balik dalam pengaturan homeostasis manusia
·         Menyimpulkan gejala, penyebab, dan pencegahan/pengobatan pada kelainan atau penyakit yang terjadi pada sistem koordinasi manusia

II.                Materi Ajar
·         Sistem saraf
1.   Sel-sel saraf  (neuron)
2.   Struktur otak
3.   Sistem saraf sadar dan tak adar
·         Sistem indra
1.   Penglihatan
2.   Pendengaran
3.   Pembau
4.   Pengecap
5.   Peraba
·         Sistem hormon
1.   Kelenjar hipofisis
2.   Kelenjar tiroid
3.   Kelenjar paratiroid
4.   Kelenjar suprarenalis
5.   Kelenjar pankreas
6.   Ovarium
7.   Testis
·         Mekanisme pengaturan homeostasis tubuh

III. Metode Pembelajaran
·         Diskusi- Penugasan- Pengamatan

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·     Membuat peta konsep sistem koordinasi manusia
·     Mengidentifikasi komponen yang terlibat dalam sistem koordinasi  manusia
·     Menggambar struktur alat indera
·     Menguji kerja alat indera
·     Menghubungkan fungsi sistem syaraf dan alat indra
·     Menjelaskan mekanisme pengaturan homeostasis
·     Diskusi mengenai struktur, fungsi, dan proses pada system saraf manusia
·     Eksperimen tentang gerak refleksi dan disadari
·     Diskusi  dan membuat poster tentang narkoba
·     Praktikum tentang system indera manusia
·     Diskusi tentang struktur dan fungsi pada system indera manusia
·     Studi membaca dan diskusi mengenai system hormone
·     Membuat rangkuman tentang system hormon
·     Siswa dapat Mengidentifikasi struktur dan fungsi neuron
·     Siswa dapat Mengidentifikasi stuktur, fungsi, dan proses pada sistem saraf manusia
·     Siswa dapat Mengkaitkan struktur, fungsi, dan proses pada sistem saraf manusia
·     Siswa dapat Mengidentifikasi struktur, fungsi, dan proses sistem indera manusia
·     Siswa dapat Mengkaitkan sturktur, fungsi, dan proses sistem indra manusia pencegahan/pengobatan pada kelainan atau penyakit yang terjadi pada system indera manusia
·     Siswa dapat Mengidentifikasi stuktur, fungsi, dan proses sistem hormon manusia
·     Siswa dapat Mengkaitkan struktur, fungsi, dan proses sistem hormon manusia
·     Siswa dapat Menjelaskan mekanisme umpan balik dalam pengaturan homeostasis manusia
·     Siswa dapat Menyimpulkan gejala, penyebab, dan pencegahan/pengobatan pada kelainan atau penyakit yang terjadi pada sistem koordinasi manusia

IV.             Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 10 (2 jam pelajaran)
A.    Kegiatan awal (20 menit)
·         Guru menanyakan pengertian sistem koordinasi dan komponen penyusunnya pada manusia.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan hubungan antara sistem saraf dan Indra bekerja untuk menerima dan menanggapi rangsang.
B.     Kegiatan inti (60 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·         Dengan menunjukkan gambar struktur sel saraf (neuron) guru meminta siswa mengidentifikasi nama bagian-bagian neuron dan fungsinya. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·         Siswa bersama guru mendiskusikan berbagai jenis neuron berdasarkan struktur atau fungsinya. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Siswa bersama guru mendiskusikan hubungan antarsel saraf (sinaps) dan impuls saraf. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Dengan menunjukkan gambar sayatan membujur saraf pusat (sumsum dan tulang belakang), guru meminta  siswa mengidentifikasi struktur selaput otak, bagian-bagian  saraf pusat manusia dan fungsinya. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Dengan menunjukkan Gambar sistem saraf tepi, siswa diminta mengidentifikasi bagian-bagian dan fungsinya. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Siswa bersama guru mendiskusikan perbedaan saraf simpatik dan parasimpatik. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Siswa bersama guru mendiskusikan pengaruh obat-obatan terhadap sistem saraf. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·         Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
·         Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
C.  Kegiatan akhir (10 menit)
·         Guru bersama siswa menyimpulkan sistem saraf pada manusia. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Guru menugaskan kepada siswa untuk mengerjakan Kegiatan 9.2 dan 9.3, di rumah dan mengumpulkannya pada pertemuan berikutnya. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

Pertemuan 11 (2 jam pelajaran)
A.  Kegiatan awal (10 menit)
·         Guru meminta beberapa siswa mendemonstrasikan Kegiatan 9.1 di depan kelas.
·         Siswa mengamati hasil demontrasi.
A.    Kegiatan inti (70 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·         Siswa bersama guru mendiskuikan jawaban pertanyaan dari Kegiatan 9.1. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·         Siswa bersama guru mendiskusikan perbedaan gerak refleks dan gerak yang disadari. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Siswa bersama guru mendiskusikan  mekanisme kerja sistem saraf. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·         Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
·         Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
C.  Kegiatan akhir (10 menit)
·         Guru menyimpulkan mekanisme kerja sistem saraf. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

Pertemuan 12 (2 jam pelajaran)
A.    Kegiatan awal (10 menit)
·         Guru menanyakan fungsi sistem indera.
·         Guru menanyakan macam-macam indera pada manusia.
·         Guru menyiapkan  untuk mendemonstrasikan Kegiatan 9.4 Indera pembau.
B.     Kegiatan inti (70 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·         Guru meminta siswa melakukan demonstrasi kegiatan 9.4 indera pembau. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Siswa yang lain mencatat hasil pengamatan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·         Siswa menyimpulkan hasil kegiatan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Dengan memberikan gambar struktur indera pembau siswa diminta mengidentifikasi bagian-bagian indera pembau dan menjelaskan proses penginderaan bau. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Dengan diberikan gambar struktur lidah, siswa diminta mengidentifikasi bagian-bagian lidah dan fungsinya dan proses penginderaan kecap. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·         Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
·         Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
C.     Kegiatan akhir (10 menit)
·         Siswa bersama guru menyimpulkan struktur dan proses penginderaan bau dan kecap (rasa). (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

Pertemuan 13 (2 jam pelajaran)
A.    Kegiatan awal (10 menit)
·         Guru menanyakan kepada siswa tentang syarat manusia dapat melihat.
B.     Kegiatan inti (70 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·         Dengan memberikan gambar struktur mata guru meminta siswa untuk menyebutkan struktur dan fungsi bagian-bagian mata. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·         Siswa bersama guru mendiskusikan proses melihat pada mata manusia. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Guru meminta siswa untuk mendemonstrasikan Kegiatan 9.5 bintik buta. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Siswa bersama guru mendiskusikan kesimpulan tentang bintik buta. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Siswa bersama guru mendiskusikan beberapa gangguan/kelainan/penyakit yang terjadi pada mata. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Guru memberikan gambar struktur telinga kemudian meminta siswa mengidentifikasi bagian-bagian telinga dan fungsinya. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Siswa bersama guru mendiskusikan proses pendengaran pada telinga manusia. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Siswa bersama guru mendiskusikan berbagai gangguan/kelainan pada indra pendengaran manusia. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Guru meminta siswa mendemonstrasikan Kegiatan 9.6 saraf sensorik. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Siswa bersama guru menarik kesimpulan saraf sensorik di kulit dengan menjawab pertanyaan diskusi. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Guru memberikan gambar struktur kulit dan meminta siswa untuk menentukan proses perabaan di kulit. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·         Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
·         Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
C.     Kegiatan akhir (10 menit)
·         Guru menyimpulkan proses penginderaan penglihatan, pendengaran dan perabaan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

Pertemuan 14 (2 jam pelajaran)
A.    Kegiatan awal (10 menit)
·         Guru menanyakan kembali kepada siswa hubungan antara sistem saraf dan sistem indera dalam proses koordinasi.
·         Guru menanyakan adanya sistem koordinasi ketiga selain sistem saraf dan sistem indera.
B.     Kegiatan inti (70 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·         Siswa bersama guru mendiskusikan hubungan sistem saraf dan hormon. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Guru memberikan gambar sistem hormon/endokrin dalam tubuh manusia kemudian, meminta siswa mengidentifikasi bagian-bagiannya. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·         Guru menugaskan siswa untuk membaca tentang sistem hormon (termasuk mekanisme penyatuan homeostatis tubuh) dari buku teks, kemudian membuat rangkuman tentang kelenjar dan hormon yang dihasilkan dan fungsinya. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·         Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
·         Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
C.     Kegiatan akhir (10 menit)
·         Siswa bersama guru menyimpulkan kelenjar pada sistem endokrin, hormon yang dihasilkan dan fungsinya. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Diskusikan tentang gejala, penyebab, dan pencegahan/pengobatan pada kelainan/ penyakit yang terjadi pada sistem koordinasi manusia. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

V.    Alat/Bahan/Sumber
·         Buku Kerja Biologi 2B, Ign, Khristiyono, Esis
·         Buku Biologi XI, Dyah Aryulina,  Esis, Bab IX
·         Gambar  sistem saraf, alat indera dan sistem hormon

VI. Penilaian
·         Poster tentang narkoba
·         Laporan hasil kegiatan/pengamatan
·         Uji kompetensi tertulis
·         Rangkuman sistem kurva


                                                                                                                                                                                                2011
Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                       Guru Mata Pelajaran



                                                           
NIP                                                                                         NIP.






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran          : Biologi
Kelas / Semester        : XI (Sepuluh)/ II
Pertemuan                 : 15 dan 16
Alokasi Waktu           : 4 jam pelajaran
Standar Kompetensi : 3.   Memahami hakekat Biologi sebagai ilmu Menjelaskan struktur dan fungsi organ manusia dan hewan tertentu , kelainan/penyakit yang mungkin terjadi serta implikasinya pada Salingtemas
Kompetensi Dasar    : 3.7 Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses yang meliputi pembentukan sel kelamin, ovulasi, menstruasi, fertilisasi, kehamilan, dan pemberian ASI serta kelianan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem reproduksi manusia
Tujuan                          :        Siswa dapat mendeskripsikan struktur, fungsi, dan proses serta       kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem reproduksi.       (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin    tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli             lingkungan);
  Karakter siswa yang diharapkan  : 
§  Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.
  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§  Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil.

I.    Indikator Pencapaian Kompetensi
·         Mengidentifikasi struktur, fungsi, dan proses yang terjadi pada organ reproduksi pria
·         Mengidentifikasi struktur, fungsi, dan proses yang terjadi pada organ reproduksi wanita
·         Mendeskripsikan proses fertilisasi dan kehamilan
·         Menghubungkan alat kontrasepsi dan proses pencegahan kehamilan pada keluarga berencana
·         Mengidentifikasi kelainan yang terjadi pada sistem reproduksi manusia
·         Mengidentifikasi sistem reproduksi hewan

II.  Materi Ajar
·         Struktur organ reproduksi pria
·         Struktur organ reproduksi wanita
·         Proses oogensis dan ovulasi
·         Siklus menstruasi
·         Proses spermatogenesis
·         Fertilisasi dan kehamilan
·         Teknologi bayi tabung
·         Kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem reproduksi manusia

III. Metode Pembelajaran
·         Diskusi- Penugasan- Pengamatan

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·     Mengamati gambar tentang alat reproduksi pria dan wanita
·     Membuat peta konsep sistem  reproduksi manusia
·     Mengidentifikasi komponen yang terlibat dalam sistem reproduksi  manusia
·     Menggambar struktur alat reproduksi pria
·     Menggambar struktur alat reproduksi wanita
·     Siswa dapat Mengidentifikasi struktur, fungsi, dan proses pada sistem reproduksi manusia (pria dan wanita)
·     Siswa dapat Mendeskripsikan proses fertilisasi dan kehamilan
·     Siswa dapat Menghubungkan alat kontrasepsi dan proses pencegahan kehamilan pada keluarga berencana
·     Siswa dapat Mengidentifikasi kelainan yang terjadi pada sistem reproduksi manusia
·     Siswa dapat Mengidentifikasi sistem reproduksi hewan

IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 15 (2 jam pelajaran)
A.    Kegiatan awal (20 menit)
·         Guru menanyakan pengertian, cara dan hasil dari proses reproduksi.
B.     Kegiatan inti (60 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·         Dengan memberikan gambar alat reproduksi pria, siswa diminta mengidentifikasi bagian-bagain dan fungsinya. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·         Siswa bersama guru mendiskusikan proses pembentukan sperma (spermatogenesis) dan hormon yang berperan dalam proses tersebut. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Guru memberikan gambar organ reproduksi wanita, kemudian meminta siswa untuk mengidentifikasi bagian-bagian dan fungsinya. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Siswa bersama guru mendiskusikan proses pembentukan sperma dan telur . (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Siswa bersama guru mendiskusikan Kegiatan 10.1 siklus menstruasi. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Berdasarkan Kegiatan 10.1 siswa bersama guru mendiskusikan siklus menstruasi dan hormon yang mempengaruhi proses tersebut. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Dengan memperhatikan struktur organ reproduksi dalam wanita, siswa diminta mendeskripsikan proses fertilisasi dan proses kehamilan pada wanita. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·         Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
·         Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
C.     Kegiatan akhir (10 menit)
·         Siswa bersama guru menyimpulkan menyimpulkan sistem reproduksi pria dan wanita, proses spermatogenesis dan oogenesis, siklus menstruasi, fertilisasi, dan kehamilan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

Pertemuan 16 (2 jam pelajaran)
A.    Kegiatan awal (10 menit)
·         Guru menanyakan kembali proses terjadinya fertilisasi. 
B.     Kegiatan inti (70 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·         Dengan diberikan gambar organ reproduksi wanita dan pria siswa diminta mendiskusikan macam-macam KB dan prinsip kerjanya sehingga dapat mencegah kehamilan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·         Siswa bersama guru mendiskusikan beberapa gangguan pada sistem reproduksi. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Guru meminta siswa membaca sistem reprosuksi pada hewan dari buku teks, kemudian menyusun rangkuman. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·         Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
·         Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
C.     Kegiatan akhir (10 menit)
·         Siswa bersama guru menyimpulkan berbagai cara dalam KB dan gangguan pada sistem reproduksi manusia. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Guru mengumpulkan hasil rangkuman siswa. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Guru memberi tugas pada siswa untuk melakukan studi lapangan tentang budidaya ikan hias  dengan mengunakan menggunakan Kegiatan 10.3. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

V.  Alat /Bahan/Sumber
·         Buku Kerja Biologi 2B, Ign. Khristiyono, Esis
·         Buku Biologi XI, Dyah Aryulina,  Esis, Bab X
·         Berbagai gambar alat reproduksi manusia
·         Sentra usaha budidaya ikan hias
VI. Penilaian
·         Rangkuman sistem reproduksi hewan
·         Uji kompetensi tertulis


                                                                                                                                                                                                2011
Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                       Guru Mata Pelajaran



                                                           
NIP                                                                                         NIP.







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran          : Biologi
Kelas / Semester        : XI (Sepuluh)/ II
Pertemuan                 : 17, 18
Alokasi Waktu           : 4 jam pelajaran
Standar Kompetensi : 3.   Memahami hakekat Biologi sebagai ilmu Menjelaskan struktur dan fungsi organ manusia dan hewan tertentu, kelainan/penyakit yang mungkin terjadi serta implikasinya pada Salingtemas
Kompetensi Dasar     : 3.8 Menjelaskan mekanisme pertahanan tubuh terhadap benda asing berupa antigen dan bibit penyakit
Tujuan                       :        Siswa dapat mendeskripsikan mekanisme pertahanan tubuh         terhadap benda asing berupaantigen dan bibit penyakit. (nilai    yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu,            Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli           lingkungan); 
  Karakter siswa yang diharapkan  : 
§  Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.
  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§  Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil.

I.    Indikator Pencapaian Kompetensi
·         Menjelaskan fungsi sistem imun tubuh
·         Mengidentifikasi sistem pertahanan tubuh secara alami
·         Membedakan respon imun non spesifik dan spesifik pada sistem imun tubuh.
·         Mendeskripsikan berbagai upaya untuk pencegahan penyakit

II.  Materi Ajar
·         Sistem kekebalan tubuh, meliputi:
1.      Kekebalan yang tidak spesifik
2.      Kekebalan spesifik
·         Vaksin
·         Antibiotik
·         Gangguan kekebalan tubuh

III. Metode Pembelajaran
·         Diskusi- Penugasan

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·     Membuat peta konsep sistem  kekebalan tubuh manusia
·     Mengidentifikasi komponen yang terlibat dalam  sistem kekebalan tubuh manusia
·     Menjelaskan proses kekebalan tubuh bekerja.
·     Menjelaskan prinsip kerja vaksin
·     Menjelaskan prinsip kerja antibiotik
·     Mengidentifikasi akibat lumpuhnya kekebalan tubuh pada penderita AIDS
·     Diskusi dan mendeskripsikan sistem kekebalan tubuh manusia
·     Mengumpulkan informasi tentang gangguan atau penyakit yang terjadi pada sistem kekekebalan tubuh  manusia (AIDS)
·     Siswa dapat Menjelaskan fungsi system imun tubuh
·     Siswa dapat Mengidentifikasi system pertahanan tubuh secara alami
·     Siswa dapat Membedakan respon imun non spesifik dan spesifik pada system imun
·     Siswa dapat Mendeskripsikan berbagai upaya untuk pencegahan penyakit

IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 6 (2 jam pelajaran)
A.    Kegiatan awal (10 menit)
·                  Dengan memberikan gejala bahwa di sekitar manusia banyak bibit penyakit tetapi tidak setiap saat manusia menderita sakit, siswa diminta mendeskripsikan penyebabnya.
B.     Kegiatan inti (60 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·            Siswa mendiskusikan arti penting sistem dan peranan sistem imun. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·            Dengan diberikan gambar sistem pertahanan tubuh siswa bersama guru berdiskusi mendeskripsikan berbagai sistem proses pertahanan tubuh secara alami. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·            Siswa bersama guru mendiskusikan perbedaan respon imun non spesifik dan spesifik. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·         Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
·         Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
C.     Kegiatan Akhir (10 menit)
·             Siswa bersama guru menyimpulkan fungsi sistem imun, sistem pertahanan tubuh secara alami dan respon imun. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·            Guru menugaskan mengumpulkan informasi tentang HIV dan AIDS untuk mendiskusikan Salingtemas. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan); 

Pertemuan 18 (2 jam pelajaran)
A.    Kegiatan awal (10 menit)
·            Dengan memberikan contoh gejala sakit akibat infeksi, siswa diminta menghubungkan antara sistem imun dan penyakit yang diderita manusia.
B.     Kegiatan inti (70 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·             Siswa bersama guru mendiskusikan upaya manusia untuk meningkatkan imunitas tubuhnya. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·             Siswa menndiskusikan Salingtemas AIDS dengan menggunakan berbagai informasi tentang HIV dan AIDS yang sudah dikumpulkan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·         Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
·         Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
C.     Kegiatan Akhir (10 menit)
·            Siswa bersama guru mendiskusikan hubungan antara HIV dan AIDS. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·            Siswa mengumpulkan hasil diskusi. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

V.  Alat /Bahan/Sumber
·         Buku Biologi SMA XI, Dyah aryulina,  Esis, Bab XI
·         Berbagai informasi HIV dan AIDS dari berbagai sumber

VI. Penilaian
·         Makalah tentang HIV dan AIDS
·         Uji kompetensi tertulis


                                                                                                                                                                                                2011
Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                       Guru Mata Pelajaran



                                                           
NIP                                                                                         NIP. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar