Sabtu, 16 Februari 2013

TERAPI HEWAN LINTAH UNTUK MENGATASI DARAH TINGGI



a.      Gambaran Umum Darah Tinggi
Darah tinggi atau hipertensi adalah suatu keadaan yang menerangkan bahwa seseorang mengalami peningkatan tekanan darah di atas normal yang ditunjukkan oleh angka sistolik (bagian atas) dan angka diastolik (bagian bawah) pada pemeriksaan tensi darah menggunakan alat pengukur tekanan darah, baik yang berupa cuff air raksa (sphygmomanometer) ataupun alat digital lainnya. Hipertensi merupakan penyebab umum terjadinya stroke dan serangan jantung.
Adapun gejala-gejala hipertensi, yakni:
1)      Pusing
2)      Muka merah
3)      Mimisan secara tiba-tiba
4)      Tengkuk terasa pegal dan kencang
5)      Kebanyakan penderita nyaris tidak menyadari bahwa dirinya menghidap  hieprtensi
Itulah sebabnya hipertensi disebut juga silent disease atau penyakit yang nyaris tidak didahului gejala-gejalanya.Hipertensi dapat muncul saat sudah terjadi komplikasi. Ketika  terjadi lonjakan kenaikaan tekanan darah, penderita terkadang merasa gemetar, cepat letih dan sulit tidur, sehinggga penglihatan menjadi kabur.Jika hal ini tidak segera diobati bisa berujung pada kelumpuhan (stroke),kejang-kejang,koma dan merusak jantung.Maka hipertensi amat rentan terserang penyakit jantung.
Sementara itu,penyebab hipertensi ada banyak sekali,Di antaranya sbb:
1.      Banyak mengkonsumsi makanan cepat saji,sebab makanan cepat saji tersebut banyak mengandung lemak,protein dan garam yang tinggi, namun rendah serat pangan.
2.      Stress akibat tekanan pekerjaan dan tekanan hidup yang lain.
3.      Jarang berolahraga dan hanya duduk di meja kerja.
4.      Gemar mengkonsumsi minuman berakohol dan mengandung kafein.
5.      Merokok
6.      Kurang tidur.
7.      Faktor keturunan.
8.      Nganguan pada ginjal  misalnya tumor ginjal.
9.      Ternganggunya keseimbangan hormon yang merupakan  faktor pengatur tekanan darah.
10.  Pemakaian kontrosepsi.
11.  Penggunaa obat-obatan jenis kortiskostreroid.
Lantas,bagamana caranya mengetahui adanya hipertensi dalam diri Anda ?
Untuk mendeteksi adanya hipertensi dalam diri anda,sejauh ini diguankan alat ukur tensimeter atau alat ukur tekanan darah. Biasanya, Anda dikatakan menderita hipertensi jika tekanan darah sistolik/diastoliknya melebihi 240/90 mm/hg, sedangkan tekanan darah normal adalah 120/80 mm/hg. Sistolik adalah tekanan darah saat jantung memompa darah ke dalam pembuluh nadi (jantung mengerut), sedangkan Diastolik adalah tekanan darah ketika jantung mengembang dan menyedot kembali (pembuluh darah mengempis/kosong).
Untuk lebih jelasnya ayo… kita melihat bagan mengenai tekanan darah sitolik/diastolik, perhatikan tabel di bawah ini :
Kategori
Tekanan Darah Sistolik
Tekanan Darah Diastolik
Normal
< 120 mmHg
(dan) < 80 mmHg
Prahipertensi
120 – 139 mmHg
(atau) 80 – 89 mmHg
Stadium 1
140 – 159 mmHg
(atau) 90 – 99 mmHg
Stadium 2
≥ 160 mmHg
(atau) ≥ 100 mmHg

b.      Terapi Lintah untuk Darah Tinggi
Berdasarkan penjelasan tersebut, bisa diketahui bahwa hipertensi atau darah tinggi dapat menyebabkan stroke dan serangan jantung. Sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya, kedua penyakit ini menyebabkan kematian.
Nah, bagi Anda yang memiliki penyakit darah tinggi, alangkah baiknya jika Anda mencoba pengobatan alternatif hirudoterapi. Sebab, percaya atau tidak, zat-zat kimia alami dalam air liur lintah memiliki khasiat yang superdahsyat, yang salah satunya dapat mengobati hipertensi.
Oleh karena itu, Anda hanya perlu menempelkan seekor lintah pada bagian tengkuk belakang atau bagian yang sering kali dirasakan mengeras. Biarkan lintah menghisap selama 30 menit. Lakukan berulang kali hingga keluhan mereda. Dengan rutin atau konsisten melakukan hirudoterapi ini, niscaya penyakit hipertensi Anda akan sembuh. Selamat mencoba!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar