RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas / Semester : XI (Sebelas)/ 2
Pertemuan : 1, 2, dan 3
Alokasi Waktu : 5 jam pelajaran
Standar Kompetensi : 3.
Menjelaskan struktur dan fungsi organ
manusia dan hewan tertentu, kelainan/penyakit yang mungkin terjadi serta
implikasinya pada Salingtemas
Kompetensi Dasar : 3.3 Menjelaskan
keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta kelainan penyakit yang
dapat terjadi pada sistem pencernaan makanan pada manusia dan hewan (misalnya
ruminansia)
Tujuan : Siswa dapat
mendeskripsikan struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang
terjadi pada sistem pencernaan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja
keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung
Jawab, Peduli lingkungan);
Karakter
siswa yang diharapkan :
§ Jujur,
Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung
Jawab, Peduli lingkungan.
Kewirausahaan
/ Ekonomi Kreatif :
§ Percaya
diri, Berorientasi tugas dan hasil.
I. Indikator
Pencapaian Kompetensi
·
Menentukan
kandungan gizi yang terdapat dalam bahan makanan dengan menggunakan uji makanan
sederhana
·
Mengidentifikasi
zat-zat yang terdapat dalam bahan makanan dan fungsinya bagi tubuh.
·
Menghubungkan struktur dan
fungsi organ-organ dalam sistem pencernaan makanan manusia
·
Menjelaskan
proses pencernaan makanan yang terjadi pada organ-organ sistem pencernaan
makanan manusia.
·
Menjelaskan
proses pencernaan makanan pada hewan ruminansia dengan menggunakan gambar
·
Menghubungkan
antara struktur dan fungsi sistem pencernaan pada hewan vertebrata
II. Materi
Ajar
o
Zat
gizi dan fungsinya bagi manusia
o
Cara
menguji kandungan zat gizi yang terdapat dalam bahan makanan
o
Organ-organ
pada sistem pencernaan makanan manusia meliputi:
1. Saluran pencernaan: mulut, kerongkongan, lambung, usus halus, usus
besar
2. Kelenjar pencernaan: lambung, hati, pankreas, kelenjar usus
·
Proses
pencernaan yang terjadi dalam sistem pencernaan makanan manusia
·
Sistem
pencernaan pada hewan vertebrata terutama sistem pencernaan hewan ruminansia
(memamah biak)
·
Berbagai
gangguan atau penyakit yang terjadi dalam sistem pencernaan makanan manusia
III. Metode Pembelajaran
·
Diskusi-Pengamatan-Penugasan
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Praktek
menguji makanan
·
Praktek
tentang enzim dan kerja enzim
·
Mengidentifikasi
sistem pencernaan makanan manusia
·
Mengamati
sistem pencernaan makanan pada hewan vertebrata
|
·
Membuat
peta konsep sistem pencernaan makanan manusia
·
Melakukan
pengujian kandungan gizi pada bahan makanan
·
Mengidentifikasi
komponen yang terlibat dalam sistem pencernaan makanan manusia.
·
Menggambar
struktur sistem pencernaan makanan hewan vertebrata
·
Membandingkan
struktur sistem pencernaan makanan pada
berbagai hewan vertebrata
|
·
Siswa
dapat Menentukan kandungan gizi yang terdapat dalam bahan makanan dengan
menggunakan uji makanan sederhana
·
Siswa
dapat Mengidentifikasi zat-zat yang terdapat dalam bahan makanan dan
fungsinya bagi tubuh
·
Siswa
dapat Menghubungkan struktur dan fungsi organ-organ dalam sistem pencernaan
makanan manusia.
·
Siswa
dapat Menjelaskan proses pencernaan makanan yang terjadi pada organ-organ
sistem pencernaan makanan manusia.
·
Siswa
dapat Menjelaskan proses pencernaan makanan pada hewan ruminansia dengan
menggunakan gambar.
·
Siswa
dapat Menghubungkan antara struktur dan fungsi sistem pencernaan pada hewan
vertebrata
|
IV. Langkah-Langkah
Pembelajaran
Pertemuan 1 (2 jam
pelajaran)
A. Kegiatan
awal (10 menit)
·
Guru
meminta siswa mengidentifikasi zat-zat (gizi) yang terdapat dalam bahan makanan
yang biasa dimakan siswa.
·
Siswa
mengidentifikasi beberapa zat (gizi) yang terdapat dalam bahan makanan.
·
Guru
menjelaskan bahwa bahan makanan dapat diuji kandungan zat gizinya dengan
Kegiatan 6.1. Tes bahan makanan.
·
Guru
meminta siswa menyiapkan alat dan bahan untuk pengujian bahan makanan.
B. Kegiatan
inti (70 menit)
Eksplorasi
· Siswa dapat Menjelaskan proses pencernaan
makanan pada hewan ruminansia dengan menggunakan gambar.
Siswa dapat Menghubungkan antara struktur
dan fungsi sistem pencernaan pada hewan vertebrata Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja
keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung
Jawab, Peduli lingkungan.);
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja
keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung
Jawab, Peduli lingkungan.);
C. Kegiatan
akhir (10 menit)
·
Siswa
bersama guru menyimpulkan prinsip pengujian makanan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras,
Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab,
Peduli lingkungan);
·
Siswa
mengumpulkan laporan hasil praktek. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa
ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Pertemuan 2 (2 jam pelajaran)
A. Kegiatan
awal (10 menit)
·
Guru
meminta siswa mempersiapkan praktek Kegiatan 6.3.
·
Siswa
mengambil alat dan bahan praktikum.
B. Kegiatan
inti (70 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi :
·
Siswa
melaksanakan Kegiatan 6.3 dan mengamati hasilnya. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras,
Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab,
Peduli lingkungan);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan hasil pengamatan dan kesimpulan dengan menjawab
pertanyaan untuk diskusi. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa
ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·
Dengan
diberikan gambar sistem pencernaan manusia siswa diminta mengidentifikasi
organ-organ pada sistem pencernaan makanan manusia dan proses pencernaan yang
terjadi. (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja
keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung
Jawab, Peduli lingkungan.);
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja
keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung
Jawab, Peduli lingkungan.);
C. Kegiatan
akhir (10 menit)
·
Siswa
bersama guru menyimpulkan proses pecernaan yang terjadi dalam sistem pencernaan
makanan manusia.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu,
Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·
Siswa
mengumpulkan laporan hasil pengamatan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras,
Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab,
Peduli lingkungan);
Pertemuan 3 (1 jam
pelajaran)
A. Kegiatan
awal (5 menit)
·
Guru
meminta siswa membaca buku teks dan mengumpulkan informasi tentang sistem
pencernaan makanan pada hewan vertebrata dan menyusunnya menjadi tabel
perbandingan.
B. Kegiatan
inti (35 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi :
·
Siswa
membaca buku teks, kemudian menyusun tabel perbandingan sistem pencernaan pada
hewan vertebrata. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa
ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan hasil perbandingan sistem pencernaan makanan pada
hewan vertebrata. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin
tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·
Dengan
diberikan gambar sistem pencernaan hewan ruminansia, siswa diminta
mendeskripsikan proses pencernaan pada hewan ruminansia. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan berbagai gangguan atau penyakit pada sistem
pencernaan manusia. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin
tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja
keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung
Jawab, Peduli lingkungan.);
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja
keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung
Jawab, Peduli lingkungan.);
C. Kegiatan
akhir (5 menit)
·
Siswa
bersama guru menyimpulkan perbandingan sistem pencernaan makanan pada hewan
vertebrata dan proses pencernaan pada hewan ruminansia. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·
Siswa
bersama guru menyimpulkan berbagai gangguan pada sistem pencernaan makanan
manusia. (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
IV. Alat/Bahan/Sumber
·
Buku
Kerja Biologi 2A, Ign. Khristiyono Ps , Esis
·
Buku
Biologi jilid XI, Dyah Aryulina dkk, Esis, Bab VI
·
Beberapa
bahan makanan
·
Tabung
reaksi
·
Rak
tabung reaksi
·
Pembakar
spiritus
·
Regen
biuret, iod, dan benedict
V. Penilaian
· Laporan
hasil praktik uji makanan
· Laporan
hasil praktik enzim dan kerja enzim
· Uji
kompetensi tertulis
2011
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
NIP NIP.
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas / Semester : XI (Sebelas)/ 2
Pertemuan : 4, 5, dan 6
Alokasi Waktu : 5 jam pelajaran
Standar Kompetensi : 3.
Menjelaskan struktur dan fungsi organ
manusia dan hewan tertentu, kelainan/penyakit
yang mungkin terjadi serta implikasinya pada Salingtemas
Kompetensi Dasar :3.4
Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat
terjadi pada sistem pernapasan pada manusia dan hewan (misalnya burung)
Tujuan : Siswa dapat
mendeskripsikan struktur, fungsi, dan proses serta kalainan/penyakit yang terjadi pada sistem pernapasan. (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Kerja
keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Karakter
siswa yang diharapkan :
§ Jujur,
Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung
Jawab, Peduli lingkungan.
Kewirausahaan
/ Ekonomi Kreatif :
§ Percaya
diri, Berorientasi tugas dan hasil.
I.
Indikator Pencapaian Kompetensi
·
Mengidentifikasi
struktur dan fungsi sistem pernapasan manusia
·
Menjelaskan
proses pernapasan yang terjadi pada manusia
·
Membandingkan
volume dan kapasitas paru-paru
·
Menjelaskan
proses pertukaran gas
·
Mengumpulkan
informasi dari berbagai sumber tentang gangguan/penyakit yang terdapat dalam
sistem pernapasan manusia
·
Mengamati
sistem pernapasan pada hewan vertebrata
·
Menghubungkan
antara struktur dan fungsi sistem pernapasan pada hewan vertebrata.
II.
Materi Ajar
·
Organ-organ
dan fungsinya pada sistem pernapasan
manusia meliputi:
1. Hidung
2. Saluran
pernapasan
3. Paru-paru
·
Mekanisme pernapasan yang terjadi dalam sistem
pernapasan manusia
·
Volume-volume
udara yang dipernapaskan
·
Mekanisme
pertukaran gas pada sistem pernapasan manusia
·
Sistem
pernapasan pada hewan vertebrata
·
Berbagai
gangguan atau penyakit yang terjadi dalam sistem pernapasan manusia.
III.
Metode Pembelajaran
·
Studi
membaca - Pengamatan -Diskusi - Penugasan
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Mengidentifikasi
struktur dan fungsi pada sistem
pernapasan manusia
·
Mengukur
volume udara pernapasan
·
Mengamati
sistem respirasi ikan dan serangga
|
·
Membuat
peta konsep sistem pernapasan manusia
·
Mengidentifikasi
komponen yang terlibat dalam sistem pernapasan manusia.
·
Membedah
hewan untuk diamati sistem pernapasan nya
|
·
Siswa
dapat Mengidentifikasi dan fungsi sistem pernapasan manusia
·
Siswa
dapat Menjelaskan proses pernapasan
yang terjadi pada manusia
·
Siswa
dapat Membandingkan volume dan kapasitas paru-paru
·
Siswa
dapat Menjelaskan proses pertukaran gas
|
IV.
Langkah -Langkah Pembelajaran
Pertemuan 4 (2 jam pelajaran)
A. Kegiatan
awal (10 menit)
·
Guru
meminta seorang siswa memperagakan kegiatan bernapas kemudian mendeskripsikan
pengertian bernapas.
B. Kegiatan
inti (70 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi :
·
Dengan
memberikan gambar sistem pernapasan manusia, siswa diminta mengidentifikasi
organ-organ pada sistem pernapasan manusia dan fungsinya. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·
Guru
meminta siswa memperagakan pernapasan dengan menggunakan dada, kemudian
mendeskripsikan mekanisme pernapasan dada. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras,
Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab,
Peduli lingkungan);
·
Guru
meminta siswa lain memperagakan pernafasan perut kemudian mendeskripsikan
mekanisme pernapasan perut. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa
ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·
Guru
meminta siswa mengenali berbagai volume pernapasan dan kapasitas paru-paru,
kemudian memintanya memperagakannya. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa
ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·
Guru
memperagakan mengukur kapasitas
paru-paru dengan Kegiatan 7.1. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa
ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan pertanyaan untuk diskusi. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras,
Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab,
Peduli lingkungan);
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja
keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung
Jawab, Peduli lingkungan.);
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja
keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung
Jawab, Peduli lingkungan.);
C. Kegiatan
akhir (10 menit)
·
Siswa
menyimpulkan struktur dan fungsi sistem pernapasan manusia, mekanisme
pernapasan dada dan perut, dan volume/kapasitas paru-paru. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai
prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Pertemuan 5 (2 jam pelajaran)
A. Kegiatan
awal (10 menit)
·
Guru
menanyakan kembali proses pernapasan kepada siswa
·
Guru
menanyakan penyebab dihasilkannnya CO2 padahal yang masuk O2
B. Kegiatan
inti (70 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi :
·
Guru
meminta siswa mempelajari mekanisme pertukaran oksigen dan karbon dioksida dari
baku. (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·
Guru
meminta beberapa siswa untuk menjelaskan proses pertukaran gas. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan berbagai penyakit/gangguan pada sistem pernapasan
manusia. (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja
keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung
Jawab, Peduli lingkungan.);
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja
keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung
Jawab, Peduli lingkungan.);
C. Kegiatan
akhir
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan kesimpulan mekanisme pertukaran oksigen dan karbon
dioksida dan beberapa gangguan/penyakit pada sistem pernapasan manusia. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Pertemuan 6 (1 jam
pelajaran)
A. Kegiatan
awal (5 menit)
·
Guru
meminta siswa untuk mempersiapkan Kegiatan 7.4.
·
Siswa
mempersiapkan alat dan bahan praktikum.
B. Kegiatan
inti (35 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi :
·
Siswa
membedah ikan untuk mendapatkan insangnya. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras,
Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab,
Peduli lingkungan);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·
Siswa
melakukan pengamatan insang, kemudian menggambarnya. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras,
Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab,
Peduli lingkungan);
·
Siswa
melakukan pembedahan kecoa untuk mendapatkan trakea kemudian menggambarnya. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·
Siswa
membuat laporan hasil pengamatan dan menjawab pertanyaan untuk diskusi. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·
Guru
meminta siswa membuat tabel perbandingan sistem pernapasan pada hewan. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja
keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung
Jawab, Peduli lingkungan.);
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja
keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung
Jawab, Peduli lingkungan.);
C. Kegiatan akhir (5 menit)
·
Siswa
bersama guru menyimpulkan sistem pernapasan pada hewan. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·
Siswa
mengumpulkan laporan hasil pengamatan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras,
Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab,
Peduli lingkungan);
V.
Alat /Bahan/Sumber
·
Buku
Kerja Biologi 2B, Ign. Khristiyono, Esis
·
Buku
Biologi , jilid XI, Dyah Aryulina, Esis, Bab VII
·
Ikan
dan kecoa
VI.
Penilaian
· Laporan hasil pengamatan sistem
perapasan hewan
· Uji kompetensi tertulis
2011
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
NIP NIP.
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas / Semester : XI (Sepuluh)/ II
Pertemuan : 7, 8, dan 9
Alokasi Waktu : 6 jam pelajaran
Standar Kompetensi : 3. Memahami
hakekat Biologi sebagai ilmu Menjelaskan struktur dan fungsi organ manusia dan
hewan tertentu , kelainan/penyakit yang mungkin terjadi serta implikasinya pada
Salingtem
Kompetensi Dasar : 3.5
Menjelaskan keterkaitan antara
struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada
sistem ekskresi pada manusia dan hewan (misalnya pada ikan dan serangga)
Tujuan : Siswa dapat mendeskripsikan struktur,
fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit
yang terjadi pada sistem ekskresi. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Karakter siswa yang diharapkan :
§ Jujur,
Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung
Jawab, Peduli lingkungan.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
§ Percaya
diri, Berorientasi tugas dan hasil.
I.
Indikator Pencapaian Kompetensi
·
Membedakan pengertian ekskresi, sekresi, dan
defekasi
·
Menggambar struktur ginjal dan menjelaskan
proses pembentukan urine
·
Mengidentifikasi
penyakit/gangguan pada alat ekskresi manusia
·
Mendeskripsikan struktur dan fungsi hati sebagai
alat ekskresi
·
Mendeskripsikan
struktur dan fungsi paru-paru sebagai alat ekskresi
·
Mendeskripsikan struktur dan fungsi kulit
sebagai alat ekskresi
·
Menyimpulkan pengaturan fungsi osmoregulasi dalam
tubuh manusia
·
Mengidentifikasi alat ekskresi pada hewan
·
Mengidentifikasi alat ekskresi serangga
berdasarkan hasil pengamatan
II.
Materi Ajar
·
Pengertian ekskresi, sekresi dan defekasi
·
Organ-organ
ekskresi pada manusia dan fungsinya antara lain:
1.
Ginjal 3. Kulit
2.
Paru-paru 4. Hati
·
Proses pembentukan urine
·
Kelainan dan penyakit yang terjadi pada sistem
ekskresi manusia
·
Sistem ekskresi hewan
III.
Metode Pembelajaran
·
Diskusi-
Penugasan- Pengamatan
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
· Membuat peta konsep sistem ekskresi
manusia
· Mengidentifikasi komponen yang terlibat
dalam sistem ekskresi manusia
· Menggambar struktur ginjal
· Menjelaskan proses pembentukan urine
· Membedah serangga untuk diamati struktur
alat ekskresinya
· Menggambar struktur alat ekskresi
serangga berdasarkan hasil pengamatan
|
· fungsi, dan gangguan (penyakit) pada
ginjal sebagai alat ekskresi
· Diskusi struktur dan fungsi paru-paru
sebagai alat ekskresi
· Diskusi struktur dan fungsi hati sebagai
alat ekskresi
· Diskusi struktur dan fungsi kulit
sebagai alat ekskresi
· Diskusi sistem ekskresi pada hewan
· Praktikum pengamatan struktur alat
ekskresi pada serangga
|
· Siswa dapat Membedakan pengertian
ekskresi, sekresi, dan defekasi
· Siswa dapat Menggambar struktur nefron
dan menjelaskan proses pembentukan urine
· Siswa dapat Mengidentifikasi
penyakit/gangguan pada ginjal sebagai alat ekskresi manusia
· Siswa dapat Mendeskripsikan struktur dan
fungsi hati sebagai alat ekskresi
· Siswa dapat Mendeskripsikan struktur dan
fungsi paru-paru sebagai alat ekskresi
· Siswa dapat Mendeskripsikan struktur dan
fungsi kulit sebagai alat ekskresi
· Siswa dapat Menyimpulkan pengaturan
fungsi osmoregulasi pada tubuh manusia
· Siswa dapat Mengidentifikasi alat
ekskresi pada hewan
· Siswa dapat Mengidentifikasi alat
ekskresi serangga berdasarkan hasil pengamatan
|
IV.
Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 7 (2 jam pelajaran)
A. Kegiatan awal (20 menit)
· Guru
memberikan pertanyaan tentang pengertian ekskresi dan alat ekskresi pada
manusia kepada siswa untuk di cari
jawabannya di dalam buku teks.
· Siswa
membaca buku teks, mencari jawaban, dan menuliskan jawabannya dalam buku
catatan.
B. Kegiatan inti (60 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·
Siswa
bersama siswa mendiskusikan pengertian sistem ekskresi dan membandingkan dengan
sistem pengeluaran yang lain, misalnya sekresi dan defekasi. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan alat-alat ekskresi yang terdapat dalam tubuh manusia
dan fungsinya. (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·
Guru
meminta siswa mendeskripsikan sifat urine yang biasa dikeluarkan oleh siswa. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan struktur ginjal dan proses pembentukan urine yang
terjadi di dalamya. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa
ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan faktor-faktor yang mempengaruhi pembentukan urine. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja
keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung
Jawab, Peduli lingkungan.);
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja
keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung
Jawab, Peduli lingkungan.);
C. Kegiatan akhir (10 menit)
·
Guru
meminta siswa mengidentikasi berbagai penyakit yang terjadi pada ginjal. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
· Guru
menugaskan siswa untuk mengumpulkan informasi tentang cuci darah dengan
menggunakan Kegiatan 8.1 dan mengumpulkannya pada pertemuan berikutnya. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Pertemuan 8 (2 jam pelajaran)
A. Kegiatan awal (10 menit)
·
Guru
mengecek dan mengumpulkan Tugas 8.1 dari siswa.
·
Siswa
bersama guru menyimpulkan pengertian, fungsi, dan proses cuci darah berdasarkan
informasi yang sudah dikumpulkan.
B. Kegiatan inti (70 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan struktur dan fungsi paru-paru sebagai alat ekskresi. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan struktur dan fungsi hati sebagai alat ekskresi. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan struktur dan fungsi kulit sebagai alat ekskresi. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·
Guru
menjelaskan pengaturan fungsi osmoregulasi pada tubuh manusia. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja
keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab,
Peduli lingkungan.);
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja
keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung
Jawab, Peduli lingkungan.);
C. Kegiatan akhir (10 menit)
·
Guru mengecek
pemahaman siswa tentang sistem ekskresi manusia dengan memberikan pertanyaan
umpan balik secara lisan kepada siswa. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras,
Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab,
Peduli lingkungan);
·
Guru
membentuk kelompok dan menugaskan setiap kelompok membawa belalang dan
mempelajari Kegiatan 8.3. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa
ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Pertemuan 9 (2 jam pelajaran)
A. Kegiatan awal (10 menit)
·
Siswa
menyiapkan alat dan bahan sesuai dengan Kegiatan 8.3.
B. Kegiatan inti (70 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·
Siswa
melakukan pembedahan belalang. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa
ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·
Siswa
mengamati dan menggambar pembuluh malpighi pada belalang. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai
prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·
Siswa
menyusun laporan hasil pengamatan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa
ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja
keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung
Jawab, Peduli lingkungan.);
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja
keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung
Jawab, Peduli lingkungan.);
C. Kegiatan akhir (10 menit)
·
Siswa
mengumpulkan laporan hasil praktikum. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras,
Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab,
Peduli lingkungan);
·
Guru
mengecek pemahaman tentang alat ekskresi pada serangga dan hewan pada umumnya
dengan memberikan pertanyaan umpan balik. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras,
Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab,
Peduli lingkungan);
V.
Alat/Bahan/Sumber
·
Buku
Kerja Biologi 2B, Ign. Khristiyono, Esis
·
Buku
Biologi SMA Jilid II, Dyah Aryulina , Esis, Bab VIII
·
Berbagai
informasi tentang cuci darah dari berbagai sumber
·
Belalang
·
Alat
bedah
VI.
Penilaian
·
Makalah
tentang cuci darah
·
Laporan
hasil pengamatan alat ekskresi serangga
·
Uji
kompetensi tertulis
2011
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
NIP NIP.
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas / Semester : XI (Sepuluh)/ II
Pertemuan : 10, 11, 12, 13, 14
Alokasi Waktu : 10 jam pelajaran
Standar Kompetensi : 3. Memahami hakekat Biologi sebagai ilmu
Menjelaskan struktur dan fungsi organ manusia dan hewan tertentu,
kelainan/penyakit yang mungkin terjadi serta implikasinya pada Salingtemas
Kompetensi Dasar : 3.6
Menjelaskan
keterkaitan struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat
terjadi pada sistem regulasi manusia (saraf, endokrin, dan penginderaan)
Tujuan : Siswa dapat
mendeskripsikan struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem regulasi manusia. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin
tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Karakter
siswa yang diharapkan :
§ Jujur,
Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung
Jawab, Peduli lingkungan.
Kewirausahaan
/ Ekonomi Kreatif :
§ Percaya
diri, Berorientasi tugas dan hasil.
I.
Indikator Pencapaian Kompetensi
·
Mengidentifikasi stuktur dan fungsi neuron
·
Mengidentifikasi struktur, fungsi, dan proses
pada sistem saraf manusia
·
Mengkaitkan
sturktur, fungsi, dan proses sistem saraf manusia
·
Mengidentifikasi sistem saraf pada hewan
·
Mengidentifikasi stuktur, fungsi, dan proses
pada sistem indra manusia
·
Mengkaitkan struktur, fungsi, dan proses sistem
indera manusia
·
Mengidentifikasi stuktur, fungsi, dan proses
sistem hormon manusia
·
Mengkaitkan struktur, fungsi, dan proses sistem
hormon manusia
·
Menjelaskan
mekanisme umpan balik dalam pengaturan homeostasis manusia
·
Menyimpulkan
gejala, penyebab, dan pencegahan/pengobatan pada kelainan atau penyakit yang
terjadi pada sistem koordinasi manusia
II.
Materi Ajar
·
Sistem saraf
1. Sel-sel saraf
(neuron)
2. Struktur otak
3. Sistem saraf sadar dan tak adar
·
Sistem indra
1. Penglihatan
2. Pendengaran
3. Pembau
4. Pengecap
5. Peraba
·
Sistem hormon
1. Kelenjar hipofisis
2. Kelenjar tiroid
3. Kelenjar paratiroid
4. Kelenjar
suprarenalis
5. Kelenjar
pankreas
6. Ovarium
7. Testis
·
Mekanisme pengaturan homeostasis tubuh
III.
Metode Pembelajaran
·
Diskusi-
Penugasan- Pengamatan
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Membuat
peta konsep sistem koordinasi manusia
·
Mengidentifikasi
komponen yang terlibat dalam sistem koordinasi manusia
·
Menggambar
struktur alat indera
·
Menguji
kerja alat indera
·
Menghubungkan
fungsi sistem syaraf dan alat indra
·
Menjelaskan
mekanisme pengaturan homeostasis
|
·
Diskusi
mengenai struktur, fungsi, dan proses pada system saraf manusia
·
Eksperimen
tentang gerak refleksi dan disadari
·
Diskusi dan membuat poster tentang narkoba
·
Praktikum
tentang system indera manusia
·
Diskusi
tentang struktur dan fungsi pada system indera manusia
·
Studi
membaca dan diskusi mengenai system hormone
·
Membuat
rangkuman tentang system hormon
|
· Siswa dapat Mengidentifikasi struktur
dan fungsi neuron
· Siswa dapat Mengidentifikasi stuktur,
fungsi, dan proses pada sistem saraf manusia
· Siswa dapat Mengkaitkan struktur,
fungsi, dan proses pada sistem saraf manusia
· Siswa dapat Mengidentifikasi struktur,
fungsi, dan proses sistem indera manusia
· Siswa dapat Mengkaitkan sturktur,
fungsi, dan proses sistem indra manusia pencegahan/pengobatan pada kelainan
atau penyakit yang terjadi pada system indera manusia
· Siswa dapat Mengidentifikasi stuktur,
fungsi, dan proses sistem hormon manusia
· Siswa dapat Mengkaitkan struktur,
fungsi, dan proses sistem hormon manusia
· Siswa dapat Menjelaskan mekanisme umpan
balik dalam pengaturan homeostasis manusia
· Siswa dapat Menyimpulkan gejala,
penyebab, dan pencegahan/pengobatan pada kelainan atau penyakit yang terjadi
pada sistem koordinasi manusia
|
IV.
Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 10 (2 jam
pelajaran)
A. Kegiatan awal (20 menit)
·
Guru
menanyakan pengertian sistem koordinasi dan komponen penyusunnya pada manusia.
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan hubungan antara sistem saraf dan Indra bekerja untuk
menerima dan menanggapi rangsang.
B.
Kegiatan
inti (60 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi :
·
Dengan
menunjukkan gambar struktur sel saraf (neuron) guru meminta siswa
mengidentifikasi nama bagian-bagian neuron dan fungsinya. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan berbagai jenis neuron berdasarkan struktur atau
fungsinya. (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan hubungan antarsel saraf (sinaps) dan impuls saraf. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·
Dengan
menunjukkan gambar sayatan membujur saraf pusat (sumsum dan tulang belakang),
guru meminta siswa mengidentifikasi
struktur selaput otak, bagian-bagian
saraf pusat manusia dan fungsinya. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras,
Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab,
Peduli lingkungan);
·
Dengan
menunjukkan Gambar sistem saraf tepi, siswa diminta mengidentifikasi
bagian-bagian dan fungsinya. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa
ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan perbedaan saraf simpatik dan parasimpatik. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan pengaruh obat-obatan terhadap sistem saraf. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja
keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung
Jawab, Peduli lingkungan.);
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja
keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung
Jawab, Peduli lingkungan.);
C. Kegiatan
akhir (10 menit)
·
Guru
bersama siswa menyimpulkan sistem saraf pada manusia. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja
keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung
Jawab, Peduli lingkungan);
·
Guru
menugaskan kepada siswa untuk mengerjakan Kegiatan 9.2 dan 9.3, di rumah dan
mengumpulkannya pada pertemuan berikutnya. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras,
Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab,
Peduli lingkungan);
Pertemuan 11 (2 jam
pelajaran)
A. Kegiatan
awal (10 menit)
·
Guru
meminta beberapa siswa mendemonstrasikan Kegiatan 9.1 di depan kelas.
·
Siswa
mengamati hasil demontrasi.
A.
Kegiatan
inti (70 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi :
·
Siswa
bersama guru mendiskuikan jawaban pertanyaan dari Kegiatan 9.1. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan perbedaan gerak refleks dan gerak yang disadari. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan mekanisme
kerja sistem saraf. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa
ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja
keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung
Jawab, Peduli lingkungan.);
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja
keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung
Jawab, Peduli lingkungan.);
C. Kegiatan
akhir (10 menit)
·
Guru
menyimpulkan mekanisme kerja sistem saraf. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin
tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Pertemuan 12 (2 jam
pelajaran)
A. Kegiatan awal (10 menit)
·
Guru
menanyakan fungsi sistem indera.
·
Guru
menanyakan macam-macam indera pada manusia.
·
Guru menyiapkan untuk mendemonstrasikan Kegiatan 9.4 Indera
pembau.
B. Kegiatan inti (70 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi :
·
Guru
meminta siswa melakukan demonstrasi kegiatan 9.4 indera pembau. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·
Siswa
yang lain mencatat hasil pengamatan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa
ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·
Siswa
menyimpulkan hasil kegiatan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa
ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·
Dengan
memberikan gambar struktur indera pembau siswa diminta mengidentifikasi
bagian-bagian indera pembau dan menjelaskan proses penginderaan bau. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·
Dengan
diberikan gambar struktur lidah, siswa diminta mengidentifikasi bagian-bagian
lidah dan fungsinya dan proses penginderaan kecap. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras,
Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab,
Peduli lingkungan);
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja
keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung
Jawab, Peduli lingkungan.);
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja
keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung
Jawab, Peduli lingkungan.);
C. Kegiatan akhir (10 menit)
·
Siswa
bersama guru menyimpulkan struktur dan proses penginderaan bau dan kecap
(rasa). (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Pertemuan 13 (2 jam
pelajaran)
A. Kegiatan awal (10 menit)
·
Guru
menanyakan kepada siswa tentang syarat manusia dapat melihat.
B. Kegiatan inti (70 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi :
·
Dengan
memberikan gambar struktur mata guru meminta siswa untuk menyebutkan struktur
dan fungsi bagian-bagian mata. (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan proses melihat pada mata manusia. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·
Guru
meminta siswa untuk mendemonstrasikan Kegiatan 9.5 bintik buta. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan kesimpulan tentang bintik buta. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan beberapa gangguan/kelainan/penyakit yang terjadi
pada mata. (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·
Guru
memberikan gambar struktur telinga kemudian meminta siswa mengidentifikasi
bagian-bagian telinga dan fungsinya. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa
ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan proses pendengaran pada telinga manusia. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan berbagai gangguan/kelainan pada indra pendengaran
manusia. (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·
Guru
meminta siswa mendemonstrasikan Kegiatan 9.6 saraf sensorik. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·
Siswa
bersama guru menarik kesimpulan saraf sensorik di kulit dengan menjawab
pertanyaan diskusi. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa
ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·
Guru
memberikan gambar struktur kulit dan meminta siswa untuk menentukan proses
perabaan di kulit. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa
ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja
keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung
Jawab, Peduli lingkungan.);
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja
keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung
Jawab, Peduli lingkungan.);
C. Kegiatan akhir (10 menit)
·
Guru
menyimpulkan proses penginderaan penglihatan, pendengaran dan perabaan. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Pertemuan 14 (2 jam
pelajaran)
A. Kegiatan awal (10 menit)
·
Guru
menanyakan kembali kepada siswa hubungan antara sistem saraf dan sistem indera
dalam proses koordinasi.
·
Guru
menanyakan adanya sistem koordinasi ketiga selain sistem saraf dan sistem
indera.
B. Kegiatan inti (70 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi :
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan hubungan sistem saraf dan hormon. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·
Guru
memberikan gambar sistem hormon/endokrin dalam tubuh manusia kemudian, meminta
siswa mengidentifikasi bagian-bagiannya. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras,
Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab,
Peduli lingkungan);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·
Guru
menugaskan siswa untuk membaca tentang sistem hormon (termasuk mekanisme
penyatuan homeostatis tubuh) dari buku teks, kemudian membuat rangkuman tentang
kelenjar dan hormon yang dihasilkan dan fungsinya. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras,
Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab,
Peduli lingkungan);
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja
keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung
Jawab, Peduli lingkungan.);
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja
keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung
Jawab, Peduli lingkungan.);
C. Kegiatan akhir (10 menit)
·
Siswa
bersama guru menyimpulkan kelenjar pada sistem endokrin, hormon yang dihasilkan
dan fungsinya. (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·
Diskusikan
tentang gejala, penyebab, dan pencegahan/pengobatan pada kelainan/ penyakit
yang terjadi pada sistem koordinasi manusia. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras,
Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab,
Peduli lingkungan);
V.
Alat/Bahan/Sumber
·
Buku
Kerja Biologi 2B, Ign, Khristiyono, Esis
·
Buku
Biologi XI, Dyah Aryulina, Esis, Bab IX
·
Gambar sistem saraf, alat indera dan sistem hormon
VI.
Penilaian
·
Poster
tentang narkoba
·
Laporan
hasil kegiatan/pengamatan
·
Uji
kompetensi tertulis
·
Rangkuman
sistem kurva
2011
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
NIP NIP.
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas / Semester : XI (Sepuluh)/ II
Pertemuan : 15 dan 16
Alokasi Waktu : 4 jam pelajaran
Standar Kompetensi : 3. Memahami hakekat Biologi sebagai ilmu
Menjelaskan struktur dan fungsi organ manusia dan hewan tertentu ,
kelainan/penyakit yang mungkin terjadi serta implikasinya pada Salingtemas
Kompetensi Dasar : 3.7 Menjelaskan
keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses yang meliputi pembentukan sel
kelamin, ovulasi, menstruasi, fertilisasi, kehamilan, dan pemberian ASI serta
kelianan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem reproduksi manusia
Tujuan : Siswa dapat mendeskripsikan struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada
sistem reproduksi. (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi,
Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Karakter
siswa yang diharapkan :
§ Jujur,
Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung
Jawab, Peduli lingkungan.
Kewirausahaan
/ Ekonomi Kreatif :
§ Percaya
diri, Berorientasi tugas dan hasil.
I. Indikator Pencapaian Kompetensi
·
Mengidentifikasi
struktur, fungsi, dan proses yang terjadi pada organ reproduksi pria
·
Mengidentifikasi
struktur, fungsi, dan proses yang terjadi pada organ reproduksi wanita
·
Mendeskripsikan proses fertilisasi dan kehamilan
·
Menghubungkan alat kontrasepsi dan proses
pencegahan kehamilan pada keluarga berencana
·
Mengidentifikasi
kelainan yang terjadi pada sistem reproduksi manusia
·
Mengidentifikasi sistem reproduksi hewan
II. Materi Ajar
·
Struktur organ reproduksi pria
·
Struktur organ reproduksi wanita
·
Proses oogensis dan ovulasi
·
Siklus menstruasi
·
Proses spermatogenesis
·
Fertilisasi dan kehamilan
·
Teknologi bayi tabung
·
Kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem
reproduksi manusia
III. Metode Pembelajaran
·
Diskusi-
Penugasan- Pengamatan
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
· Mengamati gambar tentang alat reproduksi
pria dan wanita
|
· Membuat peta konsep sistem reproduksi manusia
· Mengidentifikasi komponen yang terlibat
dalam sistem reproduksi manusia
· Menggambar struktur alat reproduksi pria
· Menggambar struktur alat reproduksi
wanita
|
· Siswa dapat Mengidentifikasi struktur,
fungsi, dan proses pada sistem reproduksi manusia (pria dan wanita)
· Siswa dapat Mendeskripsikan proses
fertilisasi dan kehamilan
· Siswa dapat Menghubungkan alat
kontrasepsi dan proses pencegahan kehamilan pada keluarga berencana
· Siswa dapat Mengidentifikasi kelainan
yang terjadi pada sistem reproduksi manusia
· Siswa dapat Mengidentifikasi sistem
reproduksi hewan
|
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 15 (2 jam
pelajaran)
A. Kegiatan awal (20 menit)
·
Guru
menanyakan pengertian, cara dan hasil dari proses reproduksi.
B. Kegiatan inti (60 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi :
·
Dengan
memberikan gambar alat reproduksi pria, siswa diminta mengidentifikasi
bagian-bagain dan fungsinya. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa
ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan proses pembentukan sperma (spermatogenesis) dan
hormon yang berperan dalam proses tersebut. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras,
Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab,
Peduli lingkungan);
·
Guru
memberikan gambar organ reproduksi wanita, kemudian meminta siswa untuk
mengidentifikasi bagian-bagian dan fungsinya. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras,
Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab,
Peduli lingkungan);
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan proses pembentukan sperma dan telur . (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan Kegiatan 10.1 siklus menstruasi. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·
Berdasarkan
Kegiatan 10.1 siswa bersama guru mendiskusikan siklus menstruasi dan hormon
yang mempengaruhi proses tersebut. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa
ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·
Dengan
memperhatikan struktur organ reproduksi dalam wanita, siswa diminta
mendeskripsikan proses fertilisasi dan proses kehamilan pada wanita. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja
keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung
Jawab, Peduli lingkungan.);
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja
keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung
Jawab, Peduli lingkungan.);
C. Kegiatan akhir (10 menit)
·
Siswa
bersama guru menyimpulkan menyimpulkan sistem reproduksi pria dan wanita,
proses spermatogenesis dan oogenesis, siklus menstruasi, fertilisasi, dan kehamilan. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Pertemuan 16 (2 jam
pelajaran)
A. Kegiatan awal (10 menit)
·
Guru
menanyakan kembali proses terjadinya fertilisasi.
B. Kegiatan inti (70 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi :
·
Dengan
diberikan gambar organ reproduksi wanita dan pria siswa diminta mendiskusikan
macam-macam KB dan prinsip kerjanya sehingga dapat mencegah kehamilan. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan beberapa gangguan pada sistem reproduksi. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·
Guru
meminta siswa membaca sistem reprosuksi pada hewan dari buku teks, kemudian
menyusun rangkuman. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa
ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja
keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung
Jawab, Peduli lingkungan.);
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja
keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung
Jawab, Peduli lingkungan.);
C. Kegiatan akhir (10 menit)
·
Siswa
bersama guru menyimpulkan berbagai cara dalam KB dan gangguan pada sistem
reproduksi manusia. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa
ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·
Guru
mengumpulkan hasil rangkuman siswa. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa
ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·
Guru
memberi tugas pada siswa untuk melakukan studi lapangan tentang budidaya ikan
hias dengan mengunakan menggunakan
Kegiatan 10.3. (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
V. Alat /Bahan/Sumber
·
Buku
Kerja Biologi 2B, Ign. Khristiyono, Esis
·
Buku
Biologi XI, Dyah Aryulina, Esis, Bab X
·
Berbagai
gambar alat reproduksi manusia
·
Sentra
usaha budidaya ikan hias
VI. Penilaian
·
Rangkuman
sistem reproduksi hewan
·
Uji
kompetensi tertulis
2011
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
NIP NIP.
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas / Semester : XI (Sepuluh)/ II
Pertemuan : 17, 18
Alokasi Waktu : 4 jam pelajaran
Standar Kompetensi : 3. Memahami hakekat Biologi sebagai ilmu
Menjelaskan struktur dan fungsi organ manusia dan hewan tertentu,
kelainan/penyakit yang mungkin terjadi serta implikasinya pada Salingtemas
Kompetensi Dasar : 3.8 Menjelaskan mekanisme pertahanan tubuh
terhadap benda asing berupa antigen dan bibit penyakit
Tujuan : Siswa dapat mendeskripsikan mekanisme pertahanan tubuh terhadap benda asing berupaantigen dan
bibit penyakit. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi,
Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Karakter
siswa yang diharapkan :
§ Jujur,
Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung
Jawab, Peduli lingkungan.
Kewirausahaan
/ Ekonomi Kreatif :
§ Percaya
diri, Berorientasi tugas dan hasil.
I. Indikator Pencapaian Kompetensi
·
Menjelaskan fungsi sistem imun tubuh
·
Mengidentifikasi sistem pertahanan tubuh secara
alami
·
Membedakan respon imun non spesifik dan spesifik
pada sistem imun tubuh.
·
Mendeskripsikan berbagai upaya untuk pencegahan
penyakit
II. Materi Ajar
·
Sistem kekebalan tubuh, meliputi:
1. Kekebalan
yang tidak spesifik
2. Kekebalan
spesifik
·
Vaksin
·
Antibiotik
·
Gangguan kekebalan tubuh
III. Metode Pembelajaran
·
Diskusi-
Penugasan
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
· Membuat peta konsep sistem kekebalan tubuh manusia
· Mengidentifikasi komponen yang terlibat
dalam sistem kekebalan tubuh manusia
· Menjelaskan proses kekebalan tubuh
bekerja.
· Menjelaskan prinsip kerja vaksin
· Menjelaskan prinsip kerja antibiotik
· Mengidentifikasi akibat lumpuhnya
kekebalan tubuh pada penderita AIDS
|
· Diskusi dan mendeskripsikan sistem
kekebalan tubuh manusia
· Mengumpulkan informasi tentang gangguan
atau penyakit yang terjadi pada sistem kekekebalan tubuh manusia (AIDS)
|
· Siswa dapat Menjelaskan fungsi system
imun tubuh
· Siswa dapat Mengidentifikasi system
pertahanan tubuh secara alami
· Siswa dapat Membedakan respon imun non
spesifik dan spesifik pada system imun
· Siswa dapat Mendeskripsikan berbagai
upaya untuk pencegahan penyakit
|
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 6 (2 jam pelajaran)
A. Kegiatan awal (10 menit)
·
Dengan
memberikan gejala bahwa di sekitar manusia banyak bibit penyakit tetapi tidak
setiap saat manusia menderita sakit, siswa diminta mendeskripsikan penyebabnya.
B. Kegiatan inti (60 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi :
·
Siswa mendiskusikan arti penting sistem dan
peranan sistem imun. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa
ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·
Dengan diberikan gambar sistem pertahanan
tubuh siswa bersama guru berdiskusi mendeskripsikan berbagai sistem proses
pertahanan tubuh secara alami. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa
ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi,
·
Siswa bersama guru mendiskusikan perbedaan
respon imun non spesifik dan spesifik. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras,
Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab,
Peduli lingkungan);
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja
keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung
Jawab, Peduli lingkungan.);
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja
keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung
Jawab, Peduli lingkungan.);
C. Kegiatan Akhir (10 menit)
·
Siswa bersama guru menyimpulkan fungsi
sistem imun, sistem pertahanan tubuh secara alami dan respon imun. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·
Guru menugaskan mengumpulkan informasi
tentang HIV dan AIDS untuk mendiskusikan Salingtemas. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Pertemuan 18 (2 jam
pelajaran)
A. Kegiatan awal (10 menit)
·
Dengan memberikan contoh gejala sakit akibat
infeksi, siswa diminta menghubungkan antara sistem imun dan penyakit yang
diderita manusia.
B. Kegiatan inti (70 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi :
·
Siswa bersama guru mendiskusikan upaya
manusia untuk meningkatkan imunitas tubuhnya. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras,
Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab,
Peduli lingkungan);
Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi,
·
Siswa menndiskusikan Salingtemas AIDS
dengan menggunakan berbagai informasi tentang HIV dan AIDS yang sudah
dikumpulkan. (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi,
Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja
keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung
Jawab, Peduli lingkungan.);
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja
keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung
Jawab, Peduli lingkungan.);
C. Kegiatan Akhir (10 menit)
·
Siswa bersama guru mendiskusikan hubungan
antara HIV dan AIDS. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa
ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·
Siswa mengumpulkan hasil diskusi. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
V. Alat /Bahan/Sumber
·
Buku
Biologi SMA XI, Dyah aryulina, Esis, Bab
XI
·
Berbagai
informasi HIV dan AIDS dari berbagai sumber
VI. Penilaian
·
Makalah
tentang HIV dan AIDS
·
Uji
kompetensi tertulis
2011
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
NIP NIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar